Jumat, 16 Oktober 2015

Cara Membangun Citra Perusahaan

Citra perusahaan adalah hal yang tidak bisa disepelehkan oleh perusahaan. Selain mencari laba sebanyak-banyaknya, perusahaan juga harus memikirkan bagaimana nama perusahaan bisa di cap baik oleh masyarakat sehingga perusahaan tidak bisa hanya memfokuskan penjualan penjualan dan penjualan.

Citra positif merupakan syarat mutlak bagi sebuah perusahaan yang ingin sukses, tumbuh dan berkembang. Citra yang baik merupakan perangkat kuat, bukan hanya untuk menarik konsumen dalam memilih produk atau perusahaan, melainkan juga dapat memperbaiki sikap dan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.Citra yang baik dapat membantu perusahaan dalam menghadapi masa krisis atau permasalahan.

Hal ini membuat peran, fungsi, dan tugas PR dari sebuah perusahaan semakin diperlukan. PR atau Public Relations adalah bidang yang berkaitan dengan mengelola citra dan reputasi sebuah perusahaan dimata publik.

Dan untuk membangun citra perusahaan, PR melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung Jawab Sosial. CSR adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang belanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial, dan lingkungan.

Saya mengambil contoh PT.Djarum yang menggunakan CSR untuk membangun citra perusahaannya dengan memberikan beasiswa bagi anak bangsa yang berprestasi.




Dua puluh enam tahun sudah, PT Djarum melakui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) di bidang pendidikan  memberikan kontribusi bagi kemajuan kualitas generasi muda, khususnya mahasiswa. Program CSR tersebut yang kini disebut dengan nama program Djarum Beasiswa Plus  telah diberikan kepada lebih dari 6300 mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di 24 Propinsi.

Upaya yang telah dilakukan PT. Djarum ini mendapat apresiasi  berupa anugerah peduli pendidikan yang diberikan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan sebagai tanda terima kasih kepada perusahaan yang dianggap memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. Penghargaan diberikan langsung oleh Mendiknas, Muhammad Nuh kepada PT. Djarum yang diwakili oleh Suwarno M Serad (Public Affairs Director), di Gedung A Kementerian Pendidikan Nasional, Jumat, 24 September 2010.

Pemberian berbagai pelatihan softskills dan pengembangan karakter menjadi kekhas-an dari program Djarum Beasiswa Plus ketimbang program beasiswa lainnya. Sebuah bekal luar biasa yang tidak terhitung dengan materi, namun memberi bekal seumur hidup bagi para Beswan Djarum. Pelatihan ini meliputi tiga aspek yakni, Outbound, Leadership program, dan Practical skills and Entrepreneurship. Komitmen PT Djarum dalam dunia pendidikan akan terus berjalan demi masa depa Indonesia yang lebih baik.

Sekian cara membangun citra perusahaan dengan menggunakan program CSR, semoga dapat menambah informasi untuk teman-teman. 

 https://djarumbeasiswaplus.org/berita/content/101/PT-Djarum-Terima-Anugerah-Peduli-Pendidikan-dari-Mendiknas/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar