Konsep elemen marketing dalam pemasaran media baru, terdiri
dari 3 elemen:
1. Segmenting
2. Targeting
3. Positioning
Segmenting
Yaitu tindakan membagi suatu
pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda – beda yang mungkin
membutuhkan produk – produk dan atau kombinasi pemasaran yang terpisah.
Targeting
Yaitu suatu tindakan
mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu
atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki.
Positioning
Yaitu tindakan untuk menempatkan posisi bersaing produk dan
bauran pemasaran yang tepat pada setiap pasar sasar.
Dasar yang harus kita pahami dalam bisnis yaitu ada yang
namanya 7P dan 1S. Yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan
Service. Kedelapan hal ini harus bisa kita kuasi sebelum memulai memasarkan
produk yang akan kita pasarkan agar Bisnis yang dijalankan dapat sukses.
Dalam membangun sebuah bisnis , kita harus memikirkan
rencana yang akan di buat dimana kita harus dapat memahami berbagai elemen yang
terdapat didalamnya seperti memahami produk,pasar, persaingan, hambatan, biaya pemasaran
dan pengiriman yang efektif dan kerangkan implementasi yang baik. Dengan cara
itu pebisnis akan mudah dalam memulai
suatu bisnis yang di geluti.
Nama produk/Perusahaan juga memiliki pengaruh besar dalam
pengenalan sebuah bisnis. Dalam pemilihan nama disarankan untuk memilih nama
yang mudah di ingat.
Setelah memiliki nama , alangkah baiknya untuk pemilik perusahaan
menghak paten kan nama tersebut agar tidak diambil oleh pesaing lain.
Selanjutnya tahap Pemasaran, kita dapat memasarkan dengan
Online dan offline. Pada saat ini pemasaran secara online lebih digemari oleh
perusahaan-perusahaan besar karena dengan memasarkan produk secara online bisa
mengenalkan produk secara luas (dunia).
Untuk pemasaran lewat online, pebisnis awal dapat menaruh
iklan pada situs-situs yang ramai dikunjungi oleh target pasar contohnya
beriklan di youtube dan sebagainya.
Untuk pemasaran secara offline, pebisnis dapat
memperkenalkan produknya lewat media cetak seperti koran dan majalah, juga
dengan cara mengikuti pameran-pameran yang suka di adakan.
Next, Setelah brand kita mulai dikenal orang banyak, buatlah
website dan akun-akun media sosial seperti instagram ,facebook, dan lain-lain.
Hal ini bertujuan untuk membuat brand kita lebih besar lagi dan juga kita dapat
membagikan informasi tentang produk yang kita punya secara instan.
Inilah dasar-dasar yang harus dikuasai oleh pebisnis awal
agar dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih baik lagi. Tidak lupa untuk
berdoa sebelum memulai membangun bisnis. Goodluck!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar